Rabu, 01 Februari 2012

BERAKHLAK MULIA


BERAKHLAK MULIA

Nafsuku padam tatkala ubun-ubunku menyala. Malamku gelap gulita saat bulan bintang bersinar terang. Masihkah dapat ‘ku nikmati manisnya hidup, meskipun rambutku semakin menipis dan ubanku semakin menyebar.
Tinggalkanlah hal-hal yang buruk ! Karena hal itu haram dilakukan oleh orang yang bertakwa. Dan bayarlah zakat atas kedudukan dan jabatanmu, karena zakat tersebut sama dengan zakat harta bila telah sampai nisobnya.
Tebaslah ranting-ranting kelabunya hidup dan pupuslah tangkai kelamnya hari, dengan berlaku baik kepada orang lain. Karena dengan begitu, kelak kau ‘kan dapat menguasai mereka.
Jangan berjalan di atas permukaan bumi penuh dengan keangkuhan. Karena sifat angkuh membunuh segala rasa cinta. Ketahuilah bahwa tidak lama lagi bumi pasti akan menelanmu.
Dunia adalah tipu daya dan penuh berisi kenistaan, bagaikan fatamorgana di tengah teriknya padang sahara. Dunia tak ubahnya bangkai-bangkai busuk yang hanya anjing-anjing kelaparan yang mau mendekatinya. Jika engkau menjauhi dunia, kelak kau ‘kan terselamatkan dari kotorannya. Tapi jika kau dekati dunia, maka kau akan diserang oleh anjing-anjingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar